Menjadi Pribadi yang Menarik di Tempat Kerja

 

Siapa yang tidak ingin memiliki kepribadian yang menarik dan disenangi oleh semua orang? Siapa pula yang tidak senang dikagumi oleh banyak orang? Apalagi di tempat kerja? Untuk bisa tampil menarik di tempat kerja berikut beberapa langkah dan latihan yang dapat ditempuh:
Gunakan gaya bicara yang positif.
Gaya bicara yang negatif atau merendahkan diri sendiri, dengan cepat akan menempatkan anda sebagai pribadi yang kurang punya rasa percaya diri. Contoh gaya bicara negatif dengan menggunakan label-label bermakna negatif misalnya bodoh, tolol, brengsek, tidak punya otak, salah melulu, gitu aja tidak bisa dsb. Untuk menjadi pribadi yang percaya diri, gaya bicara negatif harus digantikan dengan gaya bicara positif. Gaya bicara positif meliputi gaya bicara dengan penggunaan kata-kata dan kalimat-kalimat yang positif. Hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan berusaha belajar berbicara secara positif tentang diri sendiri.
Berani bertanggung jawab.

Ada orang yang percaya bahwa yang mengendalikan nasib mereka adalah diri mereka sendiri. Keberanian menyakini hal ini tentu saja memunculkan suatu tanggung jawab yang besar bahwa hal-hal buruk dan baik yang menimpa diri mereka tidak lain dan tidak bukan adalah berasal dari diri sendiri. Bukan dari hal-hal yang bersumber dari luar diri mereka. Keberanian bertanggung jawab ini juga menjadikan individu lebih percaya diri untuk mengambil alih hal-hal yang bisa menjadi tanggung jawab pribadinya. Kemampuan bertanggung jawab ini juga akan memunculkan sikap percaya diri dan pencitraan diri yang positif. Orang-orang yang tidak berani bertanggung jawab biasanya cenderung menganggap bahwa faktor-faktor di luar dirinya yang menentukan jalan hidupnya. Apabila ada keberhasilan, mereka mengatakan bahwa hal itu adalah keberuntungan semata. Dan sebaliknya bila ada kegagalan, mereka cenderung menyalahkan faktor di luar dirinya atau akibat dari perbuatan orang lain.
Kembangkan dinamika pribadi.
Untuk mengembangkan dinamika pribadi ada beberapa keterampilan diri yang perlu diasah antara lain:
• Ketampilan mengungkapkan perasaan dengan tegas
• Kemampuan menunjukkan ekspresi wajah yang ramah
• Kemampuan berbicara optimis
• Kemampuan menunjukkan sorot mata dan tingkah laku yang berwibawa melalui penampilan diri yang anggun, rapi dan bersih
• Pelajari etika pergaulan di tempat kerja yang baik
Asah keterampilan dengan menggunakan bahasa verbal dan non-verbal.

Bahasa verbal yang efektif misalnya:
• Hindari kata-kata dan suara jeda yang tidak perlu, misalnya: e….. e….
• Buat kesimpulan didukung data dan bukan berdasar perasaan atau keyakinan saja
• Perlunya berbasa-basi walaupun jangan terlalu banyak
• Tunjukkan perhatian dengan menanyakan mengenai keadaan orang yang kita ajak bicara misalnya wajahnya tampak pucat hari itu dll.
Bahasa non-verbal yang mengesankan meliputi:
• Ekspresi yang penuh semangat
• Cara berbusana yang sopan dan tampak profesional
• Penampilan wajah dan tubuh yang menarik
Kembangkan pengetahuan yang memadai.
Dasar untuk tampil percaya diri adalah adanya pengetahuan yang menunjang dalam mencari alternatif-alternatif solusi untuk berbagai persoalan atau permasalahan. Intuisi memang penting tetapi membuat keputusan berdasar fakta lebih membantu dalam menumbuhkan percaya diri dan memunculkan citra diri yang lebih positif. Sebanyak mungkin dapatkan informasi tentang hal-hal yang sedang terjadi dalam dunia ini baik melalui TV, surat kabar, majalah, maupun internet.
Bersikap fleksibel terhadap berbagai perubahan.

Tunjukkanlah sikap terbuka terhadap perubahan yang ada dalam perusahaan. Jangan berkesan negatif dengan mengungkapkan kata-kata seperti, “Percuma saja diubah-ubah juga akan kembali sama seperti dulu lagi” dll. tapi tanggapi perubahan yang ada dengan keoptimisan, dengan demikian kita akan terlihat sebagai orang yang memiliki citra diri positif dan kuat.

  1. kadang dikantor, ada rekan kerja yg terlalu mendominasi rapat, bahkan muncul kesan egois…jadinya kurang respek deh dgn rekan spt itu…nice share mas, izin comot gambar rekan kerja nya ya..sy pun mencoba membahas ttg topik ini di blog

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: